Jumat, 12 Oktober 2018

4 Langkah Membentuk Karakter yang Positif pada Anak


Seperti apa anak akan tumbuh nantinya tergantung dari cara orang tua dalam membentuk karakternya. Bentukan dasar pada anak ini akan sangat berpengaruh ke depannya. Berikut  langkah parenting anak yang bisa Anda lakukan untuk membentuk karakter positif pada anak. 

1.    Menjadi Teladan yang Baik

Anak akan mencontoh perilaku orang tuanya sehingga sedikit banyaknya akan mirip dengan orang tuanya. Ketika Anda ingin membuat anak memiliki karakter yang baik, mandiri, rajin, penyayang dan sebagainya dengan sikap yang positif. 

Maka, Anda yang harus terlebih dahulu menunjukkan sikap itu kepada anak. Anak akan mengikuti sikap Anda yang dilihatnya dengan jelas. Langkah ini akan memudahkan untuk membentuk karakter positif di dalam diri anak.

2.    Jangan Dimanjakan

Kecenderungan orang tua adalah memanjakan anak-anaknya dengan memenuhi apa yang diinginkannya. Setiap orang tua memang ingin memberikan yang terbaik untuk anak agar ia merasa bahagia. Hanya saja hal ini harus dipilah-pilah agar tidak membuat anak menjadi manja. Ketika anak meminta sesuatu pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memenuhinya.

Lalu, ajarkan juga anak untuk bisa melakukan aktivitasnya sendiri terlebih dahulu sebelum akhirnya dibantu. Tujuan dari sikap Anda ini untuk membuat anak tidak manja. Sikap ini sama berlakunya untuk semua anak tanpa membedakan yang sulung dan bungsu. Menjadikan anak bisa mandiri melakukan sesuatu akan membuatnya tidak menjadi pribadi yang manja. 

3.    Memberikan Perhatian

Anda tidak akan bisa membentuk anak memiliki karakter yang positif jika melewatkan langkah parenting anak pada tahap ini. Memberikan perhatian merupakan bagian yang penting untuk menjalin kedekatan emosi dengan anak sehingga lebih mudah dibentuk.

Anda harus bisa memberikan perhatian yang cukup agar anak tidak merasa diabaikan dan akhirnya tidak mau menuruti apa yang dikatakan. Libatkan diri untuk semua kegiatan penting yang dilakukan anak agar ia merasa nyaman dan tentunya merasakan disayangi. 

4.    Membuat Peraturan di Rumah

Karakter yang positif dengan membentuk kedisiplinan pada anak sejak kecil merupakan langkah penting yang harus dilakukan. Anda bisa menerapkannya dengan lebih mudah dan jelas ketika membuat sebuah peraturan di rumah. Adanya peraturan-peraturan kecil yang harus dipatuhi dan sanksi ketika tidak menepatinya akan mengajarkan anak secara perlahan perihal kedisiplinan. 

Anda pun harus memenuhi dan komitmen dalam peraturan yang telah dibuat. Jelaskan setiap peraturan yang ada kepada anak dengan rinci hingga ia memahaminya dengan baik. Berikan pujian atau pun hadiah jika anak telah memenuhi semuanya dengan baik. 

Anda hanya perlu menerapkan parenting anak ini dengan konsisten dan berulang. Segala keterbatasan yang Anda miliki akan bisa dihadapi dengan melakukannya bersama dengan pasangan. Tanggungjawab dalam membentuk karakter positif pada anak memang menjadi peran terbesar seorang ibu. Anda harus memulainya sejak anak kecil agar mendapatkan keberhasilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar