Minggu, 30 Desember 2018

Cara Memperbanyak ASI Secara Alami Setelah Melahirkan


Cara memperbanyak ASI


Bayi yang baru lahir makanan utamanya adalah Air Susu Ibu atau ASI. Hal ini karena bayi yang baru lahir belum perlu tambahan cairan ataupun berbagai jenis makanan lain. Ada banyak cara memperbanyak ASI yang bisa dilakukan oleh ibu supaya dapat mencukupi kebutuhan bayi. Dengan ASI yang cukup, maka bayi akan tumbuh dan berkembang secara optimal.

Memberikan ASI secara eksklusif 6 bulan pertama akan memberikan manfaat yang sangat baik dan bisa dirasakan dalam jangka waktu panjang. Bahkan WHO ikut merekomendasikan pemberian ASI eksklusif. Karena dengan pemberian ASI, maka bayi resikonya lebih rendah mengalami penyakit infeksi seperti diare dan pneumonia. Lalu bagaimana cara memperbanyak ASI bagi ibu yang baru saja melahirkan? Berikut ulasannya.

7 Cara Memperbanyak ASI

Di bawah ini merupakan berbagai macam cara yang bisa ibu lakukan untuk memperbanyak ASI setelah ibu melahirkan bayi. Diantaranya adalah:

1. Sebaiknya Berikan ASI Terus Menerus

Beberapa minggu pertama kelahirannya, maka kemungkinan pemberian ASI belum dapat teratur. Walaupun demikian, berikan ASI kapanpun bayi membutuhkan. Prinsipnya semakin sering ASI diberikan, maka produksi ASI juga akan semakin bertambah. Hal ini terjadi disebabkan karena hormon prolaktin bisa bekerja untuk merangsang produksi ASI. Jika anda terus menyusui, maka produksi ASI juga akan semakin bertambah.

2. Perbanyak Minum Air Putih Dapat Melancarkan ASI

Kebanyakan para ibu mungkin melupakan faktor dasar dari ASI. ASI pastinya berbahan dasar air, jadi bila anda memperbanyak minum air, maka ASI bisa lancar, berkualitas, kental dan melimpah. Ketika anda menyusui bayi, selain minum air putih secara rutin anda dapat menyelinginya dengan jus sayur atau buah.

3. Pergantian Saat Menyusui Antara Payudara Kanan dan Kiri

Agar ASI semakin banyak setelah melahirkan, maka anda bisa menyusui bayi dengan sesering mungkin. Pastikan bayi diberi ASI secara bergantian dari semua payudara hingga payudara kosong. Kemudian ganti dengan payudara yang masih penuh.

4. Kelola Stres

Selama berada dalam masa menyusui, maka sebaiknya anda usahakan mengelola stres dengan sebaik mungkin. Mungkin memang tidak mengurangi produksi ASI, namun bisa menghambat proses keluarnya ASI. Sebaiknya anda minta pasangan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga atau meminta bantuan anggota keluarga lain untuk merawat bayi. Semua ini bisa meringankan beban sehingga bisa menyusui dengan tenang dan stres tidak terjadi.

5. Memompa ASI Setelah Menyusui

Salah satu tips untuk memperbanyak ASI untuk ibu yang bekerja adalah dengan memompanya. Ini bisa memudahkan anda saat bekerja, kegiatan ini sebaiknya dilakukan saat anda merasa payudara belum terasa kosong sesudah menyusui bayi. Jika anda termasuk ibu yang berkarir, maka anda bisa mencoba untuk memompa ASI 15 menit setiap berapa jam sekali ketika anda bekerja.

6. Konsumsi Makanan Yang Bisa Memperbanyak ASI

Saat anda mulai menyusui, anda harus memilih sumber makanan yang bisa memperlancar ASI, supaya bisa keluar dengan lancar dan banyak. Sebaiknya anda pilih makanan yang didalamnya terkandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan juga mineral. Sementara untuk porsi makanannya lebih baik jangan di batasi. Anda juga bisa menambah makanan yaitu daun pepaya dan daun katuk sebagai salah satu makanan yang bisa memperbanyak produksi asi.

7. Istirahat Cukup

Cara memperbanyak ASI bukan hanya didapat dari makanan saja, tapi istirahat yang cukup juga bisa membantu produksi ASI menjadi banyak. Selain itu, tidur cukup juga dapat menghindarkan anda dari stress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar