Rabu, 30 Januari 2019

Manfaat Omega 3 bagi Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

manfaat omega 3


Omega 3 merupakan salah satu jenis asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat asam lemak omega 3 ini pun juga sanga luar biasa untuk tubuh manusia. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, namun ternyata manfaat omega 3 ternyata sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Sebagai senyawa yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka untuk memenuhi kebutuhan omega 3, maka kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Asam lemak omega 3 ini bisa didapatkan dari ikan-ikanan seperti salmon atau mackerel. Selain itu, omega 3 juga bisa dengan mudah diperoleh dari suplemen minyak ikan yang sudah banyak tersedia di apotek.

Manfaat Omega 3 yang Luar Biasa dan Belum Banyak Diketahui

Beberapa manfaat omega 3 bagi tubuh yang belum banyak diketahui di antaranya sebagai berikut:

1.    Manfaat Omega 3: Menyehatkan Mata

Manfaat omega 3 salah satunya adalah mampu menjaga kesehatan mata. DHA yang merupakan salah satu jenis dari asam lemak omega 3 menjadi salah satu jenis senyawa yang dibutuhkan oleh retina mata. Kekurangan DHA berisiko besar mengakibatkan berbagai gangguan penglihatan.
Berdasarkan penelitian, pemenuhan kebutuhan omega 3 dapat menurunan risiko degenerasi makula. Degenerasi makula ini merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan mata permanan serta kebutaan. Maka dari itu, salah satu manfaat omega 3 adalah untuk menjaga kesehatan mata.

2.    Manfaat Omega 3: Dikonsumsi Ibu Hamil Dapat Mencerdaskan Otak Janin

Manfaat omega 3 yang telah banyak diketahui adalah mampu mencerdasakan otak anak. Sebab, DHA menjadi bagian besar peyusun asam lemak tak jenuh yang menyusun otak. Oleh karena itu, dengan mencukupi kebutuhan omega 3, maka dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Selain itu, ternyata jika ibu hamil rutin mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 atau mengonsumsi suplemen minyak ikan, maka otak janin pun juga akan mendapatkan suplai omega 3. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak janin menjadi lebih optimal. Berdasarkan penelitian, ibu hamil yang mengonsumsi omega 3 juga dapat menurunkan risiko ADHD, autisme, serta cerebral palsy pada janin. 

3.    Manfaat Omega 3: Menurunkan Sindrom Metabolik

Salah satu sindrom metabolik adalah obesitas yang disertai dengan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, trigliserid tinggi, serta resistensi insulin. Kondisi seperti ini banyak dialami oleh masyarakat dan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Dengan mengonsumsi omega 3, maka dapat membantu menurunkan sindrom metabolik. Omega 3 dapat menurunkan resistensi insulin, serta risiko penyakit jantung.

4.    Manfaat Omega 3: Membantu Tubuh Melawan Peradangan

Peradangan merupakan suatu kondisi tubuh setelah melawan berbagai infektan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi asam lemak omega 3, maka tubuh dapat mengurangi produksi molekul yang terkait dengan peradangan. Berdasarkan penelitian, salah satu manfaat omega 3 adalah menurunkan terjadinya peradangan dalam tubuh. 

5.    Manfaat Omega 3: Membantu Melawan Autoimun

Autoimun merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya dan telah banyak mengakibatkan kematian. Penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh merusak sel-sel yang sehat, sehingga tentu saja kondisi tubuh akan sangat drop.
Berdasarkan penelitian, manfaat omega 3 lainnya adalah mampu membantu tubuh dalam mengobati penyakit autoimun seperti diabetes autoimun, lupus, kolitis ulserativa, psoriasis, dan autoimun lainnya.
Dengan memahami berbagai manfaat omega 3 yang belum banyak diketahui, maka kita bisa mengetahui pentingnya omega 3 bagi tubuh. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan, maka penuhi kebutuhan omega 3 dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar