Senin, 05 November 2018

Tips Mudah Beli Rumah Bagi Kaum Millennial dari Pakar Properti

MouseBlog-Memang perkembangan jaman saat ini begitu mengherankan. Apalagi dalam bidang properti, tak bisa dipungkiri jika perkembangan benar-benar terjadi dengan pesat. Hal ini juga berlaku pada peningkatan harga properti di berbagai wilayah. Mulai dari harga tanah hingga harga bangunan diatasnya, semuanya mengalami kenaikan harga atau peningkatan harga. Maka dari itu tak heran jika masyarakat semakin was-was untuk melakukan pembelian rumah termasuk pada kaum milenial.

Banyak yang kemudian memikirkan mana saja yang bisa menjadi pilihan alternatif dan yang paling efektif. Apakah memilih untuk melakukan pembelian di perumahan murah atau berbagai opsi lainnya. Tentunya pemilihan ini harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang tepat. Mulai dari biaya yang harus dikeluarkan, kemampuan pembayaran, lokasi perumahan yang aman serta nyaman, dan lain sebagainya. Sehingga keputusan yang anda ambil tidak akan merugikan anda kedepannya,



Apalagi bagi anda yang masih merupakan keluarga muda yang baru saja menikah, tak sedikit dari keluarga muda yang kemudian menjadi patah semangat untuk bisa memiliki rumah dalam jangka waktu yang dekat setelah memperhatikan laju pertumbuhan nilai properti saat ini. Akan tetapi tentu saja anda tidak boleh terpaku hanya dengan anggapan anda saja. Karena ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mewujudkan mimpi anda. 

Seperti yang dilansir dalam berbagai media di sekitar masyarakat, bahwa ada banyak sekali keluhan dari masyarakat atau para generasi milenial yang merasa bahwa memiliki rumah atau hunian dalam jangka waktu yang dekat adalah sesuatu yang mustahil mengingat gaji atau penerimaan yang didapatkan hanya pas-pasan. Masyarakat kemudian menjadi semakin pesimis apalagi setelah melihat inflasi yang terjadi dengan cepat dan juga persentase bunga yang sepertinya mengalami perubahan pula. Belum lagi dengan kenaikan harga tanah di kota-kota besar.

Harga properti yang makin melonjak selangit ini yang kemudian makin membuat generasi milenial menjadi pesimis dan tidak berani berharap terlalu banyak. Akan tetapi tidak selamanya hal ini merupakan benar adanya. Nyatanya jika anda selektif dan tidak terburu buru dalam memilih, anda akan tetap bisa mendapatkan harga yang terjangkau dalam pemilihan rumah atau hunian sesuai keinginan dan harapan anda. Pasti ada jalan untuk bisa mewujudkan harapan anda.

Salah satu yang perlu anda pertimbangkan ialah melakukan pembelian rumah di kalangan perumahan. Jangan khawatir dulu, karena nyatanya anda bisa menemukan perumahan murah di sekitar anda selama anda memperhatikan dengan seksama. Selain itu tentunya anda juga perlu mempertimbangkan beberapa tips berikut ini untuk bisa mendapatkan perumahan yang murah dengan cara yang mudah. Diantaranya ialah sebagai berikut ini:


1·    Sisihkan sebagian uang anda untuk ditabung sebagai pembayaran uang muka atau down payment

Tak bisa ditunda lagi, segera harus anda sisihkan sebagian penghasilan atau gaji anda untuk ditabung. Dimana tabungan ini nantinya akan digunakan sebagai pembayaran uang muka atau down payment sesuai dengan yang ditetapkan. Bahkan pastinya anda sudah mendapatkan nasehat untuk menabung ini dari berbagai kalangan bukan?

Maka setidaknya agar anda bisa segera memiliki rumah idaman anda tanpa menunggu lama, pastikan anda menyiapkan uang untuk melakukan pembayaran uang muka atau down payment (DP) nya terlebih dahulu. Jangan sampai anda terjerumus dengan kebiasaan lama sehingga anda menjadi kesulitan untuk mengatur keuangan anda. Untuk memudahkan bahkan kini telah hadir tabungan auto debet atau tabungan otomatis. Dimana tabungan ini akan langsung memotong uang secara otomatis yang masuk dalam rekening anda.

Yang perlu anda lakukan ialah melakukan pengaturan atau setting pada rekening anda dengan mengatur secara otomatis tangan pemotongan dana atau uang di awal bulan setelah menerima gaji dengan nominal sesuai dengan keinginan anda.


2·    Pilihlah program cicilan DP secara selektif

Cara lain yang juga perlu anda perhatikan ialah memilih program cicilan DP secara efektif. Cicilan DP atau down payment ini ternyata juga bisa anda temukan dengan lama waktu sebanyak 12 kali atau bahkan 24 kali melakukan cicilan DP ini. Baru kemudian anda bisa melakukan pengajuan KPR pada perumahan yang murah sesuai dengan keinginan anda.

Hanya saja memang sebagai konsekuensinya, anda akan membayarkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jika anda menabung uang untuk DP secara pribadi.


3·    Pilihlah KPR dengan tenor yang paling lama atau paling panjang

Bagi kaula muda yang memiliki penghasilan yang pas-pasan, tak bisa dipungkiri lagi bahwa ini menjadi salah satu alternatif terbaik. Dengan waktu tenor KPR yang semakin panjang maka biaya cicilan KPR rumah anda juga menjadi semakin sedikit dan semakin terjangkau. Hanya saja memang hal ini akan membutuhkan waktu lama hingga anda mencapai pelunasan cicilan KPR pada perumahan murah yang anda pilih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar